aku dan karya ku

aku dan karya ku
omod

Rabu, 04 Agustus 2010

Apa Perbedaan Drama dan Teater ?

Bila mendengar kata Drama berarti kita membayangkan sebuah pertunjukan seni peran, begitu juga saat mendengar kata Teater pasti terlintas dari pikiran kita sebuah pertunjukan seni peran lalu apa perbedaan dari dua kata yang berasal dari bahasa Yunani ini?
Drama adalah sebuah kata yang berasal dari bahasa yunani yaitu draomai (kata kerja : dran)kata dran yang berarti berlaku(“to do”)atau bertindak (“to act”) disamping itu drama selalu dikaitkan dengan istilah play (permainan), naskah, lakon, cerita, tonil, sandiwara, hingga teater(dramaturgi 1 :Autar Abdilah). Taeter berasal dari bahasa Yunani : theatron,berarti panggung pertunjukan, sehingga sekarang ini kata teater sering digunakan untuk menunjukan sebuah gedung pertunjukan atau gedung film.
Sebernarnya secara etimologis , sudah terlihat perbedaan antara drama dan teater, tapi pada perjalanan selanjutnya teater lebih merujuk pada pertunjukan seni drama atau kelompok drama, hingga tidak terlihat perbedaan antara teater dan drama. Bila dilihat dari arti luas drama menurut”Oxpord Dictionery” drama merupakan suatu susunan prosa atau syair. Ia digubah sedemikian rupa untuk tujuan pementasan. Sedangkan cerita dalam pementasan itu berhubungan dengan adanya dialog dan tindakan yang disertai dengan gerak dan isyarat, kostum, dan pemandangan yang menyerupai kehidupan nyata, sebuah lakon. Sedangkan bila dilihat dari sejarah teater bermula dari ritual upacara pemujaan roh nenek moyang atau kepercayaan yang menanpilkan gerak tari dan gerak-gerak teatrikal.
Perbedaan teater dan drama sebenarnya semakin jelas bahwa drama yang merupakan sebuah karya sastra memerlukan teks atau naskah untuk pertunjukanya, tetapi teater tidak harus menggunakan naskah untuk pertunjukannya, setiap naskah yang dipersiapkan untuk sebuah pementasan seni peran itu bisa disebut naskah drama sedangkan pada pertunjukannya itu bisa disebut pementasan teater, itu juga sebabnya dalam pendidikan di sekolah, teater masuk dalan mata pelajaran seni budaya dan drama sudah jelas masuk pada mata pelajaran bahasa dan sastra indonesia.
Teater atau drama di Indonesia memiliki istilah tersendiri yaitu sandiwara, sandiwara terdiri dari dua kata yaitu sandi yang berarti rahasia dan wara atau warah yang berarti pengajaran jadi sandiwara bisa diartikan pengajaran yang dirahasiakan karena dalam pertunjukan teater selalu memberikan pengajaran yang tersembunyi. Namun kata drama dan teaterlah yang lebih familiar di Indonesia untuk menggambarkan sebuah pertunjukan seni peran, mungkin karena masyarakat indonesia yang lebih menyukai hal-hal yang berasal dari dari luar negeri atau kata-kata ini yang sudah sangat melekat di telinga masyarakat yang sulit untuk diubah, sehingga jika mendengar kata sandiwara masyrakat selalu berasumsi bahwa itu adalah sebuah pertunjukan teater rakyat atau sesuatu yang berbau tradisional padahal pada dasarnya kata sandiwara memiliki arti yang sama dengan teater ataupun drama.(Ad)

Tidak ada komentar:

Poskan Komentar

Mari Berteriak


ShoutMix chat widget