aku dan karya ku

aku dan karya ku
omod

Jumat, 04 Juni 2010

Bogor Pesta Seni

Kata siapa kesenian daerah hampir punah? Hal itu tidak terjadi di kota hujan pada bulan-bulan ini. Antara bulan Mei - Juni Bogor sedang benar-benar pesta seni, terutama seni daerah atau seni sunda, hal ini terjadi karena Bogor sedang merayakan hari jadinya yang ke... tepatnya pada tanggal..., perayaan hari jadi Bogor (HJB) memang selalu diisi dengan berbagai acara kesenian dan acara-acara sosial, ini adalah bentuk pengabdian pemerintah Bogor terhadap masyarakatnya.
Jika berjalan di jalanan kota Bogor yang padat dengan angkot dan pekat dengan asap kenalpot, kita bisa melihat banyak baliho-baliho yang bertuliskan tentang rangkaian acara hari jadi Bogor, ada acara jalan sehat, khinatan masal, pentas seni dan yang lainya, yang paling menarik perhatian adalah acara pentas seni yang begitu banyak, hampir setiap akhir pekan di bulan Mei sampai awal Juni pementasan kesenian diselenggarakan, pementasan kesenian yang didominasi oleh pertunjukan seni tari ini dilaksanakan diantaranya di Taman Ade Irma Suryani (taman topi), Botani Squere, BTM, Plaza Balai kota, dan Gedung Kemuning Gading.
Bogor adalah daerah yang memiliki akar budaya yang kuat, hal ini juga diakui oleh daerah lain, sebagai bukti Bogor dipercaya menjadi tuan rumah kegiatan-kegiatan seni budaya, setelah bulan April kemarin dipercaya sebagai tuan rumah “Kejuaran Daerah Silat Gubenur Jawa Barat Cup II”, pada tanggal 22 Mei kota Bogor menjadi tuan rumah “festival seni tari kreasi baru se-Jawa Barat”, dan satu lagi acara seni budaya yang akan diselenggarakan di kota Bogor adalah acara “temu teater mahasiswa nusantara 8 (temu teman)” yang waktu pelaksanaannya masih dalam bahasan, acara yang bertarap nasional ini pertama direncanakan berlangsung pada bulan juli, namun karena ada sedikit kendala maka acara diundur, wajar saja dalam persiapan acara tersebut terdapat kendala, acara temu teman adalah acara besar yang melibatkan semua komunitas teater di Indonesia, tentunya harus dipersiapkan secara matang dan terkonsep dengan baik.
Acara-acara kesenian daerah yang disuguhkan pada hari jadi Bogor ke... memang di dominasi oleh kesenian daerah, namun seni pertunjukan lainnya pun bukan berarti tidak ada, pada hari Minnggu tanggal 24 Mei, di Plaza Balai Kota diselenggarakan acara 1000 orang bemain Drumband, disusul pada tanggal 30 Mei di Gor Pajajaran dilaksanakan perlombaan Drumband se-Jabodetabek, acara seni pertunjukan lain adalah acara pementasan wayang golek dengan dalang Asep Sunandar Sunarya yang sudah tidak asing lagi di telinga warga Bogor, karena hampir setiap perayaan HJB selalu di selenggarakan pertunjukan wayang golek dan masih banyak lagi rangkaian acara yang dipersiapkan oleh panitia HJB untuk memanjakan warga Bogor.
Kesenian adalah sesuatu yang indah lebih indah lagi bla bisa disaksikan atau diapresiasi, kesenian daerah tidak akan pernah mati bila masih ada yang melestarikan dan mengembangkannya, ini lah yang dilakuKan Bogor dalam merayakan hari jadinya, berusaha terus melestarikan dan mengembangkann kesenian asli daerah yaitu kesenian sunda. Wilujeung milang kala Bogor mugia rahayu tur bagja salawasna (Ad)

Tidak ada komentar:

Posting Komentar

Mari Berteriak


ShoutMix chat widget